Sunday, January 27, 2013

Pesawat terbang

Pesawat terbang adalah teknologi yang digunakan sebagai alat transportasi terbang. Pesawat belum tentu bisa membawa seluruhnya, contoh: Pesawat commercial dikhususkan untuk membawa penumpang pergi keluar pulau / luar negri, pesawat presiden seperti Air Force One dari USA hanya dikhususkan untuk pemerintah dan presiden, dll.





nyinkzzz18.blogspot.com


Jenis-jenis pesawat: 
A. pesawat commercial 
Pesawat commercial banyak kita temukan di bandara internasional, seperti bandara Soekarno Hatta, dan setiap pesawat mempunyai jenisnya sendiri, contoh: Boeing 707 yang dibuat pada tahun 1957, sistem penamaan Boeing untuk pesawat komersial telah mengambil bentuk 7x7. Semua model penunjukan, 707 melalui 787 telah ditunjukkan, meninggalkan 797 sebagai model nama 7x7 hanya tidak ditugaskan untuk produk. Untuk nomor model di 707 untuk 777 , nomor model yang terdiri dari nomor model pesawat terbang, misalnya 707 atau 747 , diikuti oleh dash dan tiga digit yang mewakili seri dalam model, misalnya 707-320 atau 747-400 . Di kalangan penerbangan, model penunjukan yang lebih spesifik kadang-kadang digunakan di mana dua digit terakhir dari seri penanda diganti dengan dua digit, alpha-numeric kode pelanggan Boeing , misalnya 747-112, 747-100 awalnya mewakili diperintahkan oleh Pan American World Airways (Boeing pelanggan kode 12) atau 737-7H4, mewakili 737-700 awalnya diperintahkan oleh Southwest Airlines (kode pelanggan Boeing H4). Tidak seperti model lain, 787 menggunakan digit tunggal untuk menunjuk seri, misalnya 787-8. huruf tambahan kadang-kadang ditambahkan ke nama model sebagai akhiran, termasuk "ER" untuk menunjuk "extended range" versi, seperti 777-300ER atau "LR" untuk menunjuk "jarak jauh" versi, misalnya 777-200LR . designators akhiran lainnya termasuk "F" untuk "kargo", ( 747-400F ) "C" untuk konversi "pesawat" yang dapat dikonversi antara penumpang dan konfigurasi kapal barang ( 727-100C ) dan "M" untuk pesawat yang dikonfigurasi untuk membawa kedua penumpang dan barang pada waktu yang sama ( 757-200M ). \ Penumpang pesawat yang awalnya dibuat sebagai pesawat penumpang dan kemudian dikonversi menjadi konfigurasi kargo oleh Boeing membawa akhiran "BCF" menunjuk sebuah dikonversi kargo Boeing ( 747-400BCF ). (http://id.wikipedia.org/wiki/Boeing_Commercial_Airplanes).

Boeing 707,Produk pesawat jet pertama yang di buat oleh Boeing commercial Airplanes

B. Pesawat Militer
Pesawat Militer dikhususkan untuk melindungi serangan dari udara dan digunakan untuk kepentingan militer. Jenis pesawat militer:
  1. Pesawat tempur
  2. Pesawat Tempur Latih
  3. Pesawat angkut
  4. Pesawat pendukung
  5. Pesawat intai

1.  pesawat tempur

Pesawat tempur adalah pesawat militer yang dirancang untuk menyerang pesawat lain di udara. Berbeda dengan pesawat pengebom, yang dirancang untuk menyerang target di permukaan. Pesawat tempur relatif lebih kecil, cepat, dan lincah. Pesawat tempur awalnya dikembangkan pada Perang Dunia I untuk menghadapi pesawat pengebom dan balon udara yang mulai lazim digunakan untuk melakukan serangan darat dan pengintaian.

2. pesawat tempur latih

Langsung ke: navigasi, cari
Pesawat tempur latih adalah pesawat tempur yang digunakan untuk melatih calon penerbang, atau melatih penerbang agar siap menggunakan pesawat pesawat jenis dan fungsi tertentu. Umumnya dibagi atas pesawat tempur latih dasar dan latih lanjut.
Bagi kebanyakan negara, harga pesawat tempur dianggap terlalu mahal sehingga pesawat tempur latih juga digunakan sebagai armada pesawat serang antigerilya (COIN/Counter Insurgency). Untuk menjaga keterampilan pilot sekaligus menghemat biaya pelatihan dan operasional, umumnya digunakan flight simulator.

3. Pesawat angkut

: navigasi, cari

C-17A Globemaster III sebuah pesawat angkut militer AS
Pesawat angkut atau pesawat kargo adalah pesawat yang digunakan untuk pengangkutan barang atau komoditi lainnya. Syarat syarat pengangkutan melalui udara sipil diatur dengan undang undang atau konvensi internasional.
Pada umumnya pengangkutan kargo dilakukan dijadikan satu dengan pesawat penumpang sipil misalnya B 747 Combi. namun dalam perkembangannya seiring dengan kebutuhan pengiriman paket atau kargo yang lebih cepat maka diadakan pesawat angkut sendiri yang sering dinamakan dengan freighter karena besarnya permintaan arus barang dan jasa dalam perdagangan.
Umumnya pesawat angkut merupakan hasil modifikasi pesawat penumpang yang disesuaikan dengan kebutuhan kapasitas angkut pesawat pada rute-rute yang dilaluinya misalnya DC-9 freighter, B 747 freighter, DC 10 freighter. Meskipun demikian, dibuat juga pesawat angkut dengan kemampuan dan rancangan khusus seperti Boeing 747 Large Cargo Freighter (747 LCF) yang dikenal juga dengan nama Dreamlifter, A-300 Beluga, Super Guppy, An 124 Ruslan atau An 225 Mriya.
Dari segi penggunaan pesawat angkut digunakan baik dari kalangan sipil/komersial maupun kalangan militer. Umumnya pihak sipil maupun militer memiliki armada sendiri-sendiri namun sering dipakai bergantian sesuai dengan kebutuhan. Pesawat Angkut militer umumnya digunakan selain mengangkut barang barang keperluan militer, kendaraan perang, ataupun senjata, juga mengangkut personel tentara maupun VIP/VVIP yang dirancang khusus. Pesawat Angkut yang dikenal untuk kalangan militer misalnya C 130 Hercules, C 17 Globemaster III, C 5 Galaxy, dan C 141 Starlifter. Pesawat angkut sipil yang dibuat untuk versi militer misalnya An 124 dan An 225, Il 76.
Pada umumnya pesawat angkut versi militer sering dimodifikasi menjadi pesawat tanker untuk keperluan pengisian bahan bakar di udara, pesawat ataupun pesawat peringatan dini (AWACS) dengan menambahkan peralatan peralatan yang diperlukan.

4. Pesawat pendukung

pesawat pendukung adalah pesawat yang digunakan untuk mendukung kegiatan atau operasi militer, baik dilakukan di darat, laut, maupun udara pesawat pendukung militer biasanya adalah peswat mata-mata yg berjenis Nomad, E-3(AWACS) yg digunakan untuk memata-matai fasilitas musuh, atau juga bisa mengabadikan fasilitas musuh tersebut. selain itu ada pula peswat pendukung yang berbentuk helikopter. ada juga pesawat pendukung yang membawa bahan bakar yang disebut juga pesawat tanker yg berjenis KC-130, KC-10, yang digunakan untuk mengisi bahan bakar pesawat tempur pada saat pesawat tempur itu mengudara. juga ada pesawat pendukung yg fungsinya pembawa muatan atau yang disebut juga pesawat kargo.

5. Pesawat Intai

Pesawat tempur intai atau pesawat mata mata (recce atau reconaisance) adalah pesawat yang digunakan untuk mengumpulkan data intelijen dan penyadapan serta pengintaian posisi posisi taktis ataupun strategis lawan atau negara lain yang diinginkan data-datanya. Biasanya ada dua jenis pesawat tempur seperti ini yakni pesawat intai serta pesawat tempur dyang diberi peran intai.
Pesawat Intai (Reconaisance) biasanya digunakan untuk mengumpulkan data data intai strategis lawan, memiliki kemampuan menyusup dan terbang lebih tinggi agar tidak dijangkau rudal pertahanan lawan. Dalam perkembangannya teknologi stealth juga diterapkan pada pesawat tempur tipe ini. Meskipun demikian kecanggihan rudal lawan serta peralatan yang dimilikinya membuat tidak banyak negara yang mengoperasikan jenis ini karena biayanya terlalu mahal dan masih rentan terhadap rudal lawan contohnya adalah kasus penembakan U-2 yang menyusup ke dalam wilayah Sovyet tahun 1960-an Membuat beberapa negara beralih menggunakan satelit mata-mata.
Selain pesawat intai yang dirancang khusus macam U-2 dan SR 71 Blackbird (USA), juga terdapat pesawat intai yang juga berperan sebagai pesawat patroli baik patroli udara dan patroli maritim. Pesawat ini memiliki bentuk yang sama dengan pesawat sipil atau pesawat angkut pada umumnya tetapi diberi perlengkapan dan peralatan khusus. Seperti console radar, radome sebagai tempat radar yang berupa piringan radar di atas badan pesawat atau peralatan lain yang fungsinya sama yang memiliki radar lebih sensitif dan berdaya jangkau jauh. Pesawat model ini biasanya digunakan sebagai pesawat peringatan dini (AWACS) atau pesawat patroli intai maritim yang juga memiliki keahlian khusus untuk mendeteksi bahkan menghancurkan kapal selam. Pesawat-pesawat seperti ini contohnya adalah E-3 Sentry (berbasis Boeing 707), EC-2 Hawkeye, RB-47, B 737 Surveilance dan P-8 Poseidon (USA), CN 235 MPA (Spanyol - Indonesia), CN 235 Persuader (Spanyol), Atlantique (Perancis), Tupolev Tu-126, Beriev A-50 Mainstay (Rusia, berbasis Ilyushin Il-76).
Terdapat juga pesawat Tempur yang dimodifikasi untuk keperluan Intai (umumnya pesawat tempur generasi lama). Umumnya digunakan sebagai intai taktis. Dilengkapi dengan sensor dan kamera khusus contohnya adalah MiG 25R, RF-5 Tigereye.
(Sumber dari=http://www.google.com/search?client=ubuntu&channel=fs&q=pesawat+tempur&ie=utf-8&oe=utf-8; http://id.wikipedia.org/wiki/Pesawat_Tempur_Latih; http://id.wikipedia.org/wiki/Pesawat_angkut; http://id.wikipedia.org/wiki/Pesawat_pendukung; http://id.wikipedia.org/wiki/Pesawat_intai)

No comments: